Jumat, 07 November 2014

TAHUN BARU ISLAM 1436 H DI SMK NEGERI 3 OKU



    Satu tahun telah berlalu, usia kita semakin bertambah begitulah kebanyakan orang mengatakan namun pada hakikatnya jatah umur kita semakin berkurang, banyak hikmah dibalik tahun baru hijrah ini  yang tepatnya pada tanggal 1 Muharram salah satunya adalah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari makkah ke madinah.
      Penanggalan Tahun Hijriyah ditetapkan oleh Khalifah Umar Bin Khattab berdasarkan saat Nabi Muhammad SAW beserta sebagian pengikutnya hijrah dari Mekkah ke Madinah. Peristiwa ini mempunyai makna yang penting bagi umat Islam karena perpindahan Nabi Muhammad SAW beserta sebagian pengikutnya dari Mekkah ke Madinah karena tekanan dari kaum kafir Quraisy di Mekkah. Hijrah itu sendiri mempunyai makna yang berarti perpindahan atau menyingkir ke tempat yang satu ke tempat yang lain yang lebih aman dan menjauhkan diri dari dosa.
Drs. Johny FP, MT
Kepala SMK Negeri 3 OKU
 Drs. Johny FP,MT


    Karena pentingnya peristiwa ini, banyak orang yang memperingati tahun baru hijriyah dengan beribadah, meminta ampun atas dosa yang sudah di perbuat setahun yang lalu, berdo’a diberi keselamatan dan rezeki, serta menyantuni anak yatim piatu dan kaum du’afa, atau melakukan kegiatan positif yang lainnya.
      Di zaman globalisasi ini, perkembangan teknologi berkembang pesat, dapat  menyebabkan penurunan nilai-nilai agama pada remaja muslim. Tak dapat di pungkiri lagi bahwa keimanan dan ketaqwaan remaja muslim harus di jaga agar kemaksiatan dapat terhindar.

     Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H, seluruh organisasi di SMK Negeri 3 OKU (OSIS, ROHIS, PASKIBRA, PMR, PRAMUKA dan SISPALA) bermaksud mengadakan acara Malam Kebersamaan Organisasi Siswa (MABER ORSI) yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Juga mengadakan beberapa kegiatan yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kepada agama Islam, nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan menjaga moral bangsa.
 
Komaruddin, Pembina Rohis
Dengan telah selesainya dilaksanakan Kegiatan Malam Kebersamaan Organisasi Siswa (MABER ORSI) dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi oleh segenap panitia dan pihak-pihak yang bersangkutan sebagaimana tertuang sebagai berikut :
Pembina Pramuka, Agus Triyani
Faktor Pendukung : Panitia inti telah bekerja dengan keras, tekun, ulet dan teliti serta menjunjung asas kejujuran dan kekeluargaan. Hal ini tercermin dengan telah berjalannya agenda kegiatan sesuai dengan rencana. Anggaran atau dana yang apa adanya dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Faktor Penghambat :
Pembina Paskib, Sucipto
GPAI, Popon S.
Masih kurangnya partisipasi dewan guru dalam upaya menciptakan kegiatan-kegiatan positif bagi siswa di SMK Negeri 3 OKU, sebagaimana terlihat sedikitnya guru yang hadir dan turut serta menyemarakkan kegiatan ini, baik yang tergabung dalam kepanitiaan maupun undangan.
Dan juga masih lemahnya kesadaran disiplin yang dimiliki siswa. Hal ini tercermin pada saat pergantian jadual kegiatan, masih banyak yang molor dan lalai dalam melaksanakan tugas.

WAKTU PELAKSANAAN
Pembina OSIS Berkat Hanapi
    Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2014 M bertepatan dengan malam 1 Muharram 1436 H. Dimulai dari pukul 14.00 sampai dengan pukul 05.00 WIB pada tanggal 25 Oktober 2014. Adapun jadual kegiatan sebagaimana berikut :


No.
Waktu
Kegiatan
Pembina Lapangan
Tempat
Ketr.






1.
14.30-15.00
Pembukaan





·        Laporan Kegiatan
Berkat Hanapi, S.Pd
Lapangan



·        Pengarahan dan Pembukaan
Drs. Johny Ferry Panhar, MT

2.
15.00-15.30
Sholat Ashar
Popon Supandi, S.Pd.I
Mushollah

3.
15.30-17.30
Persiapan masing-masing kelompok :
Koordinir masing-masing Pembina Lapangan




·        OSIS
Suwarto, S.Pd




·        Rohis
Yuliana, S.Pd




·        PMR
Agus Triyani, S.Pd




·        Pramuka
Riadi, SST




·        Sispala
Suadi, S.Pd




·        Paskibra
Sucipto, S.Pd


4.
17.30-19.10
Istirahat/Sholat Maghrib
Baharuddin, S.Pd
Lapangan



·        Zikir
Khoiruddin Romli
Rokhmat Subeki, S.Ag, M.Si


·        Yassin


·        Do’a Tahun Baru
5.
19.10-19.40
Sholat Isya’
Baharudin, S.Pd
Lapangan

6.
19.40-21.00
Ruqyah
H. Syakroni, S.Pd.I
Rokhmat Subeki, S.Ag, M.Si
Syarifuddin, S.Pd.I
Mirwansyah
Sahmin, S.Pd.I
Mansyur
Joni
Lapangan

7.
21.00-24.00
Kegiatan Masing-masing kelompok
Koordinir masing-masing Pembina Lapangan




·        OSIS
Suwarto, S.Pd




·        Rohis
Yuliana, S.Pd




·        PMR
Agus Triyani, S.Pd




·        Pramuka
Riadi, SST




·        Sispala
Suadi, S.Pd




·        Paskibra
Sucipto, S.Pd


8.
24.00-01.00
Sholat Malam
Popon Supandi, S.Pd.I
Lapangan

9.
01.00-04.30
Istirahat
-
-

10.
04.30-05.00
Sholat Subuh
Baharuddin, S.Pd
Lapangan

11.
05.00-
Penutupan
Berkat Hanapi, S.Pd
Lapangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar