Kamis, 13 November 2014

MASJID MUSLIMIN BATURAJA OKU



Diskripsi Wilayah

Masjid Muslimin beralamat di Jalan Garuda Lintas Sumatera (jembatan layang). Tepatnya berlokasi di wilayah RT 02 Dusun 07 Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur.  Ukuran Masjid 12x12 M2. Berdiri di areal tanah dengan luas awal 1.527 M2. (Seribu Lima Ratus Dua Puluh Tujuh Meter Persegi) kemudian luas areal tersebut bertambah dengan ditambahnya wakaf dari Drs. H. Muzni Wahab dan Hazairin Mahmud (belum diukur dan sertifikat, 11/05). Dengan batas-batas sebagai berikut :
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Jalan Garuda Lintas Sumatera
  • Sebelah  Timur  berbatasan  dengan  Tanah  Hak  Milik H. M. Arsyad/Hazairin Mahmud
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Jalan Imam Bonjol
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Tanah Hak Milik Drs. H. Muzni Wahab
  Lokasi tempat didirikannya Masjid Muslimin tersebut didapatkan dari wakaf :
  • Tanah Hambali (tepatnya di halaman masjid sekarang)
  • Tanah H. A. Wahab Zakaria (tepatnya di badan masjid sekarang)
  • Tanah Tanpa Tuan (tepatnya di pagar masjid dan jalan setapak menurun menuju jalan Imam Bonjol)




Latar Belakang Berdirinya Masjid Muslimin

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa pada dasarnya nama “Muslimin” diambil dari nama langgar yang berada tidak jauh dari Masjid Muslimin sekarang (saat historis ini disusun). Langgar tersebut pun masih tetap berdiri dan berfungsi sebagai tempat mengaji bagi beberapa warga. Muslimin dimaksudkan sebagai tempat ibadah kaum Muslimin.

      Dikarenakan langgar tersebut kurang besar, tidak memadai lagi untuk tempat ibadah   bagi warga masyarakat yang kian bertambah, ditambah kurang strategis dikarenakan kalau hujan turun kondisi jalan kesana becek, maka dicetuskan dan disepakatilah akan didirikan masjid dengan memakai nama langgar tersebut. 
 
H. Marwan Arsyad


H. A. Wahab Zakaria





















Diantara pencetus ide pendirian Masjid  Muslimin  tersebut adalah :

  • H. Marwan Arsyad
  • H. A. Wahab Zakaria
  • Mastura
  • Burhan
  • Rusman Effendi
  • Hambali MT.
  • Ibrahim Achmad
  • Syamsuddin TNI, Ustadz (Guru mengaji di Langgar Muslimin)
  • Asri, LLAJR
  • Hambali MT
  • M. Nazori

Ditambah lagi dengan beberapa nama yang dapat dikatakan merasa senang dan turut membantu dalam perwujudan langkah-langkah pendirian Masjid Muslimin, seperti ž A. Madjid Achmad, Marzuki Wahab, Mansuryadi, Dirno, Amiruddin Anwar, Arizal, Najam, Ali Mukhtar, Syarkomi, Sihardin.



Persetujuan dan kesepakatan membangun masjid tersebut kemudian diwujudkan dengan dibentuknya panitia, dengan susunan sebagai berikut :

·            Penasehat                  :  H. Marwan Arsyad

         :   H. A. Wahab Zakaria
·            Ketua Pelaksana        :   Hambali MT.

·            Sekretaris                  :   Asri, LLAJR

·            Wakil Sekretaris        :    Marzuki Wahab

·            Bendahara                 :    Habibullah Soman

Pelaksanaan pembangunan pun dimulai.  Peletakan Batu Pertamanya oleh Camat
H. M. Dauli
Baturaja Timur, Bapak Aliyuddin Tjikmat pada tahun 1987.  diwujudnyatakan dengan beberapa kali melaksanakan ibadah di sekitar lokasi pembangunan masjid, diantaranya melaksanakan Sholat Iedul Adha di Jembatan Layang II, dimana pada waktu itu belum difungsikan sebagai jalan lintas Sumatera (kondisinya belum diaspal, masih batu koral campur tanah).



 Proses pembangunan dilaksanakan dalam suasana kekeluargaan dan kebersamaan dalam canda.  Diceritakan betapa rumitnya mengambil kayu rangka masjid yang direndam dalam danau yang cukup dalam dan licin.  Beberapa orang menyelam lalu muncul kembali, menyatakan tidak bisa mengangkat kayu karena berat dan licin.  Kemudian muncul ide ditarik dengan tambang dan kemudian digotong bersama-sama menuju ke lokasi bangunan.



Dengan melihat kondisi pada waktu itu yang membangun belum berdasarkan
H. Ibrahim Achmad
konstruksi dan kerapian,  maka dapat dilihat bangunan masjid yang berdiri pun dalam kondisi sederhana dan terkesan asal jadi dan kuat.  Ini dapat dimaklumi dan kemudian diperbaiki pada periode-periode kepengurusan selanjutnya.



Adapun Tukang yang melaksanakan tugas membangun adalah : Syukri Mastura, Musman, Basar, Sukiman, Rohim, Jasman, Pamuji, Syakri, Suryanto, Marsidin, Syarkomi.


Semuanya bekerja dengan ikhlas sukarela, tanpa mengharapkan upah.  Semangat untuk mendirikan masjid telah tertanam ikhlas dalam benak mereka semua.  Yang lain turut membantu adalah Sehlani, Dirno, Romli, A. Dahlan, Sukara Mastura, Warsito Mastura.
Langgar Muslimin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar